Catatan Hitam Lima Presiden Indonesia - Ishak Rafick

catatan hitam lima presiden pdf

Buku yang berjudul Catatan Hitam 5 Presiden Indonesia: Sebuah Investigasi 1997-2007 , Mafia Ekonomi, dan Jalan Baru Membangun Indonesia ini membahas tentang peranan dan ketangguhan Negara serta korporasi dalam menghadapi gejolak krisis baik pada tahap awal maupun pasca krisis. Misalnya, penulis melakukan pemaparan yang kritis terhadap masa pemerintahan Habibie. Seperti, Habibie berupaya memenuhi tuntutan reformasi, dengan menyusun Undang-undang Kebebasan Pers, Undang-undang Desentralisasi, dan Undang-undang Pemilu. Habibie berhasil menegakkan landasan untuk demokratisasi sebagai respon terhadap tuntutan mahasiswa dan rakyat sebelum dan saat reformasi itu terjadi. Di sisi lain Habibie melaksanakan banyak permintaan IMF dalam bentuk berbagai Letter of Intent terutama dalam kaitannya dengan rekapitalisasi perbankan, BLBI dan MSAA. Penulis juga membahas berbagai perdebatan internal dan diskusi publik tentang arah kebijakan ekonomi dalam masa pemerintahan Habibie.


Dalam bab lain penulis juga mencoba melakukan pemetaan dan melakukan analisa mengapa Indonesia gagal tinggal landas setelah 32 tahun Orde Baru. Berbagai kelemahan struktural dan penyimpangan prioritas masa Orde Baru dianalisa dengan tajam dan menarik secara jurnalistik. Dan di tengah pertumbuhan ekonomi, penulis memaparkan berbagai ketimpangan yang terjadi dan kerawanan di dalam bidang ekonomi maupun sosial. Dan akhirnya Soeharto tidak mampu menahan besarnya tekanan terhadap perubahan dan keinginan untuk demokratisasi.
Buku ini merupakan buku yang sangat baik penataan bahasanya, karena buku ini ditulis oleh seorang senior jurnalis. Walaupun penataan bahasanya sangat baik tapi kita butuh waktu yang cukup lama untuk mengerti garis besar suatu bab. Buku ini ditulis oleh sang penulis dengan gaya memaparkan isi perkaranya, tidak ditulis dengan kritik-kritik yang biasa dilakukan banyak penulis ketika menulis buku tentang kepemerintahan. Penulis juga menulis dengan menantang pikiran, serta menggugah rohani pembaca. dan yang sangat menarik dalam buku ini adalah cara penulis yang tidak ingin memberikan kesimpulannya sendiri kepada pembacanya. Penulis justru memberikan kesimpulan akhir kepada pembaca sehingga membuat pembacanya masuk memainkan peran dalam buku ini.

Download Ebook Catatan Hitam Lima Presiden dalam format Pdf

Subscribe to receive free email updates: