Tips Untuk Mengoptimalkan Kinerja Android

Pada artikel saya kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja android secara maksimal. Pada tulisan saya kali ini saya akan memberikan tips agar handphone android dapat bekerja secara maksimal. Saya mempunyai handphone android yang memiliki kapasitas RAM 1GB dan aplikasi saya kebanyakan GAME semua. Pada saat saya bermain game selang 15 menit game yang saya mainkan menjadi ngelag dan hp saya pun menjadi sangat panas Pastinya sangat tidak nyaman banget dong ketika lagi seru-serunya main game yang kita suka tiba-tiba gamenya menjadi ngelag pasti kita merasa sangat kesel banget dong.


Beda dengan yang memiliki kapasitas RAM lebih besar. Mungkin dari kalian semua belum tentu mempunyai handphone android dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Maka dari itu kali ini saya akan membagikan tips untuk kalian semua pemakai handphone android agar handphone android kita tidak cepat ngelag atau panas ketika sedang bermain game. Oke simak beberapa tips dari pengalaman saya sendiri.


  • Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, karena setiap aplikasi yang sudah di download itu akan memakan RAM. Semakin banyak aplikasinya maka akan semakin banyak pula RAM yang terpakai.
  • Download aplikasi seperlunya saja, jangan download aplikasi yang tidak akan kita gunakan karena akan memenuhi hp saja.
  • Aplikasi yang tidak pernah dipakai lebih baik di force stop saja atau di nonaktifkan, karena aplikasi yang sudah di force close itu tidak akan memakan RAM.
  • Jangan pernah di update, mungkin ada saat aplikasi yang sudah terinstal akan di minta untuk di perbaharui. Jadi update saja aplikasi yang sering di gunakan dan aplikasi yang tidak pernah anda pakai lebih baik jangan di update.
  • Lebih baik menggunakan wifi saat bermain game, karena kalau memakai jaringan data dari sim card itu sinyal jaringannya tidak selalu stabil seperti wifi. Saat sinya dari sim card sedang tidak stabil itu akan memaksa kinerja hp untuk mengambil data dari internet maka yang akan terjadi hp kita sendiri akan menjadi panas.

Itu saja sich beberapa tips dari saya agar handphone android kalian tidak menjadi ngelag atau menjadi cepat panas.

Subscribe to receive free email updates: